Minggu, 25 April 2010

Tulisan Ilmiah

Nama : Dwi Sukowati
Kelas : 3EA12
NPM : 10207366
Nama Dosen : Budi Santoso
Fakultas : Ekonomi
BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan pasti mempunyai masalahdalam kegiatan atau aktivitasnya dalam rangka mencapai keberhasilannya. Masalah-masalah yang timbul itu bisa saja berasal dari dalam perusahaan (intern), dan dari luar perusahaan (extern). Oleh karena itu, setiap perusahaan berusaha agar permasalahan yang terjadi itu dapat diatasi, maka setiap perusahaan-pun berusaha agar mempunyai pemimpin-pemimpin yang tanggap dan mampu menghadapi permasalahan yang sedang terjadi. Pemimpin yang berkualitas merupakan hal paling penting bagi suatu perusahaan, sehingga dia bisa menetapkan dan menentukan untuk mengambil suatu keputusan yang sangat penting guna menyelesaikan persoalan yang sedang dialami oleh perusahaannya. Seorang pemimpin yang baik dan handal harus bisa menempatkan dan menentukan karyawan sesuai dengan kemampuan yang ia miliki, sehingga kegiatan atau aktivitas yang ada di perusahaan itu bisa berjalan sesuai dengan keinginan perusahaan.
Dalam menjalankan usahanya, perusahaan mempunyai target dan tujuan yang diinginkan, terutama dalam menentukan target penjualan yang diperoleh, berapa laba yang bisa diperolehnya, sehingga dari keuntungan yang diperoleh bias menutupi target penjualan yang ditentukan oleh perusahaan. Terlebih sekarang ini, persaingan ditingkat perusahaan semakin meninggi, sehingga setiap perusahaan berusaha agar target penjualan yang dihasilkan oleh karyawannya meningkat dan menjadi nilai lebih bagi karyawan itu sendiri.
Target dan tujuan perusahaan seperti yang diuraikan diatas bisa terwujud apabila perusahaan mempunyai sumber daya yang mendukung, baik itu sumber daya alamnya (SDA) maupun sumber daya manusianya (SDM). Dengan demikian, bahwa penggunaan sumber daya manusia dan tenaga kerja yang berpotensi serta berkualitas merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting untuk keberhasilan perusahaan. Oleh sebab itu, salah satu tugas bagian personalia adalah bagaimana mencari dan memperoleh seorang karyawan yang berkualitas dan bisa diandalkan. Dalam rangka mengkoordinasi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan merupakan tugas dari seorang pemimpin, apabila seorang pemimpin membuat kesalahan dalam menempatkan karyawan yang tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, maka dengan demikian akan menimbulkan turunnya tingkat penjualan, selain itu pemenuhan target yang diperoleh karyawan tersebut-pun ikut turun, begitu pula rasio penjualan yang diperoleh perusahaan tidak dapat tercapai karena tidak sesuai dengan target penjualan yang ditentukan oleh perusahaan, dan kemungkinan besar tujuan itu sama sekali tidak akan tercapai.
Penugasan karyawan sesuai dengan tempat atau daerah pemasarannya adalah sangat penting dalam pencapaian target penjualan. Penugasan yang baik adalah menempatkan karyawan sesuai dengan kemampuan serta keahlian yang dimilikinya. Perusahaan Rizquna Furniture merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan dan penjualan furniture. Perusahaan tersebut memiliki lima jenis pekerjaan yang berbeda untuk diselesaikan oleh lima orang karyawan, dengan biaya penugasan berbeda ditiap karyawan karena sifat pekerjaan, pengalaman dan latar belakang pendidikan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengambil judul penulisan ilmiah “ANALISIS MINIMISASI DALAM PENGALOKASIAN TENAGA KERJA PADA PERUSAHAAN RIZQUNA FURNITURE”.

1.2. Rumusan dan Batasan Masalah
Dari uraian diatas, penulis merumuskan masalah pada bagaimana metode penempatan karyawan di bagian produksi dalam rangka menekan tingkat biaya dengan cara meminimalkan biaya produksi. Pada penulisan ilmiah ini, penulis hanya memfokuskan permasalahan yang akan dibahas, yaitu mengetahui bagaimana penempatan karyawan yang dilakukan oleh Perusahaan Rizquna Furniture, khususnya penempatan karyawan pada bagian produksi.
Dalam pembagian tugas kerja kepada lima orang karyawan, dapat dilihat seberapa minimalkah biaya produksi untuk menyelesaikan satu set kursi, sehingga kinerja dari karyawan dapat menguntungkan bagi perusahaan. Dengan menggunakan metode penugasan (assignment method), khususnya metode Hungarian, diharapkan penempatan karyawan bisa sesuai dengan semua spesifikasinya.

1.3. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana penempatan karyawan yang dilakukan oleh Perusahaan Rizquna Furniture, dengan penempatan tenaga kerja yang memiliki tingkat biaya produksi yang minimum yang diperoleh dari setiap karyawannya agar diperoleh biaya yang minimal.

1.4. Manfaat Penelitian
Dari penelitian ini diharapkan dapat memperoleh beberapa manfaat, yaitu :
1. Menjadikan bahan referensi pelengkap bagi perusahaan yang menginginkan turunnya tingkat biaya produksi pada tahun 2005.
2. Sebagai referensi penunjang mahasiswa dalam rangka menyusun karya tulis ilmiah.
3. Sebagai bahan bacaan yang dapat memperluas pengetahuan mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar